Ketahui Jenis Asuransi Tambahan yang Bisa Anda Ikuti

Ketahui Jenis Asuransi Tambahan yang Bisa Anda Ikuti

Sebelum memutuskan untuk mengambil produk asuransi, anda harus benar benar mengerti dan memahami manfaatnya. Karena yang terjadi di lapangan seringkali calon nasabah tidak memahami bahkan tidak membaca polis asuransi. Padahal polis adalah kunci semua hal hal yang berkaitan dengan produk asuransi yang anda beli. Bahkan tanpa sadar seseorang bisa mengambil asuransi tambahan atau rider tanpa pikir panjang. Kenali jenis rider dalam ulasan berikut.

Jenis Jenis Rider Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mengambil

  1. Rider Asuransi Kesehatan

Salah satu rider yang kerap kali ditambahkan dalam asuransi pokok adalah asuransi kesehatan. Hanya saja sebagian orang masih tidak memahami dan mengerti apa manfaat dari rider satu ini. Bagi anda yang memang butuh asuransi kesehatan, sebaiknya ikut serta secara terpisah dan tidak dijadikan satu dengan asuransi jiwa. Hanya saja banyak yang mengambil langkah untuk memasukkan kedua asuransi ini menjadi satu agar praktis.

Padahal jika membeli asuransi jiwa dan menambahkan rider asuransi kesehatan sama saja dengan membuang uang dengan percuma. Karena pada dasarnya asuransi kesehatan yang dicantumkan sebagai rider merupakan asuransi yang hampir sama fungsinya dengan asuransi rawat inap. Padahal asuransi ini bisa anda beli langsung, dan anda juga belum tentu bisa memperpanjang rider apabila masanya telah usia. Bahkan anda bisa dikenakan premi lebih tinggi.

  1. Waiver Premium

Waiver Premium juga seringkali ditawarkan atau ditambahkan pada asuransi pokok. Meskipun setiap perusahaan akan memahami waiver premium ini tidak sama. Secara garis besar, waiver premium adalah layanan yang bisa membebaskan anda dari premi yang disebabkan ketidakmampuan total pemegang polis. Ketidakmampuan total inilah yang harus benar benar anda cermati sebelum anda mengambil rider satu ini dan nantinya malah menyesal.

Anda harus menanyakan dengan detail dan jelas apa yang masuk dalam ketidakmampuan total ini. Apakah berhubungan dengan penyakit, cedera atau keduanya. Selain itu ketentuan lainnya juga harus anda tanyakan dan cermati. Seperti masa tunggu berlakunya rider, apabila tiba tiba berada di ketidakmampuan total. Kerena setiap perusahaan asuransi memiliki aturan tersendiri, meskipun rider ini terbilang kecil tetapi tetap wajib dicermati dan dipahami.

  1. Payor Benefit

Rider atau asuransi tambahan ini hampir mirip dengan waiver premium, yang dikhususkan untuk menanggung risiko ketidakmampuan total pemilik polis. Yang membedakannya, payor benefit ini ditujukan untuk tanggungan lain, seperti misalnya anggota keluarga yang diasuransikan. Pada Waiver Premium yang ditanggung hanya ada, inilah mengapa payor benefit sering ditambahkan di asuransi pendidikan anak maupun yang fungsinya hampir mirip.

Ketika anda tertarik dengan rider satu ini, maka anda harus mencermatinya dengan baik. Karena payor benefit memiliki konsep yang tidak biasa. Contohnya jika ada orang tua yang berperan sebagai penanggung polis meninggal dunia, anak anak yang ada dalam tanggungan tidak akan mendapatkan pertanggungan berupa uang. Namun perusahaan asuransi akan tetap melanjutkan polis asuransi anak hingga pembayaran selesai, polis tersebut masih bisa digunakan untuk si anak.

Sebagian orang berpendapat jika payor benefit sangat membantu karena bisa menanggulangi masalah dengan tepat dan tidak merepotkan yang tertanggung. Namun juga ada beberapa yang berpendapat mengapa dana pertanggungan tidak bisa diserahkan. Karena memang dana tersebut biasanya akan diserahkan untuk investasi lainnya yang tentunya akan lebih menguntungkan.

Memang terkadang, asuransi tambahan ini sangat menggiurkan. Namun anda harus ingat jika memang tidak membutuhkan maka tidak perlu mengambilnya. Apalagi hal ini akan berpengaruh pada jumlah besaran premi yang nantinya akan anda bayarkan. Jika ternyata tidak sesuai dengan kemampuan akan menyulitkan anda sendiri. Sebelum anda membeli rider maka ada baiknya untuk mencermati serta mempertimbangkan banyak hal.